Minggu, 05 April 2015

MASJID RAYA AL-HUDA TEMBILAHAN

Masjid Raya Al-Huda Tembilahan, Masjid Megah Nan Bersejarah
Oleh : Drs. H. Ahmad Supardi Hasibuan, MA

Gambar Masijid Al-Huda

Dari Masjid inilah setiap waktu di kumandangkan gema adzan sebagai pertanda waktu shalat telah masuk dan di Masjid ini pula dipusatkan kegiatan atau Perayaan Hari Besar Islam seperti Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Peringatan Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Peringatan Nudzul Qur’an, Peringatan Tahun Baru Islam dan kegiatan lainnya.
Masjid ini dibangun dengan biaya yang berasal dari sumbangan waqaf, infaq, dan shadaqah dari kaum muslimin dan muslimat yang berada di Kota Tembilahan dan sekitarnya.
Sesuai dengan perkembangan, kemajuan, dan perkembangan penduduk Tembilahan, maka Masjid Al-Huda juga mengalami beberapa kali renovasi dan perombakan yang dilakukan sebanyak tiga kali yaitu :
1.      Pada tahun 1935 diadakan perbaikan dan pelebaran luas bangunan, sehingga daya tampung jamaah lebih banyak, disebabkan pertumbuhan penduduk Kota Tembilahan saat itu, dimana perombakan hanya memperluas bangunan sedangkan konstruksi bangunannya tetap seperti semula, pondasi terdiri tongkat  kayu ulin, dinding papan, dan atap sirap.
2.      Pada tahun 1968 dengan pelebaran luas bangunan dan perombakan konstruksi bangunan pada pondasi semua terdiri dari tongkat kayu ulin diganti dengan tombak pasir semen, dinding papan diganti dengan semen pelesteran, dan atap sirap diganti dengan atap seng, disamping itu perubahan besar adalah bangunan terdiri dari lantai 1 dan 2. Konstruksi bangunannya semi permanen dengan kapasitas daya tamping 2 kali lipat, karena lantai 1 dan 2 dipergunakan untuk shalat. Pada waktu perombakan kedua ini Kota Tembilahan berubah status menjadi Ibu Kota Indragiri Hilir.
3.      Pada tahun 1994 Masjid Raya Al-Huda Tembilahan mengalami perombakan total, bangunan Masjid diperluas, pondasi bangunan tetap berlantai 2 (bertingkat) dengan memilki 4 buah menara. Konstruksi bangunan permanen, lantai dan dinding Masjid terbuat dari keramik, ruangan bagian depan sebelah kanan Masjid Al-Huda dijadikan tempat kantor Yayasan Al-huda dan kantor Pengurus Masjid Al-Huda, sedangkan pada ruangan bagian depan sebelah kiri digunakan untuk kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Indragiri Hilir dan ruang Perpustakan MUI dan Masjid Al-Huda, lantai atas Masjid Al-Huda dipergunakan untuk kegiatan Tahfizil Qur’an, Taman Pengajian Al-Qur’an dan kegiatan Remaja Masjid Al-Huda.
Peresmian pemakaian Masjid Al-Huda Tembilahan telah dapat melaksanakan kegiatan antara lain :
1.      Ibadah Shalat wajib 5 waktu, Shalat Jum’at, Shalat sunnat rawatib, Shalat Idul Fitri dan Shalat Idul Adha dan lain-lain.
2.      Peringatan hari-hari besar Islam.
3.      Pembinaan Umat Islam dalam bentuk dakwah, ceramah Agama Islam secara rutin (ba’da Shalat Shubuh, qobla Shalat Zuhur dan ba’da Shalat Magrib).
4.      Pembinaan generasi muda Islam melalui kegiatan Remaja Masjid Raya Al-Huda Tembilahan.
5.      Pelaksanaan Ibadah sosial seperti Ibadah Qurban, Zakat Fitrah/Maal, bantuan kepada anak-anak Yatim dan Fakir Miskin, buka bersama (Khataman Al-Qur’an pada setiap bulan Ramadhan).
6.      Kegiatan Taman Pengajian Al-Qur’an (TPA).
7.      Kegiatan Tahfizil Qur’an bagi anak-anak dan dewasa.
Disamping itu, untuk pemeliharaan dan memakmurkan serta mengelola Masjid Raya Al-Huda Tembilahan memerlukan petugas (marbot) seperti tenaga kebersihan bagian ruangan dalam, kebersihan tempat wudhu dan MCK, kebersihan bagian halaman Masjid, kebersihan lantai 2, Imam Besar, Imam Rawatib, Bilal, Penceramah tetap, Pembina TPA, Pembina Tahfizil Qur’an, penjaga perpustakaan Masjid, petugas sound system, pengurus Remaja Masjid membantu dalam upaya memakmurkan Masjid dan Pembina generasi Muda Islam dan sebagainya. (an/dinamis).
Data Masjid Raya Al-Huda Tembilahan
1.      Nama                                               : Masjid Raya Al-Huda Tembilahan
2.      Alamat                                             : Jl. Jend. Sudirman
3.      Desa/Kelurahan                               : Tembilahan
4.      Kecamatan                                       : Tembilahan Kota
5.      Kabupaten                                       : Indragiri Hilir
6.      Propinsi                                            : Riau
7.      No. Telp                                           : (0768) 22726
8.      Kepemilikan Tanah
·         Status Tanah                        : Hak Milik Masjid Al-Huda Tembilahan
·         Luas Tanah                          : 4.362 m­2
9.      Luas Bangunan                                : 34 m x 36m
10.  Tahun Pembangunan                       : 1994
11.  Sumber Dana                                   : Sumbangan Masyaarakat Islam Kabupaten Inhil
12.  Jumlah Biaya                                   : Rp. 2.345.000.000,-
13.  Kapasitas                                         : 3.100 orang
14.  Peruntukan
·         Lantai 1                                : - Ruang Shalat
                                               - Kantor Pengurus Masjid Al-Huda Tembilahan
                                               - Kantor MUI dan Perpustakaan
                                               - Tempat Wudhu dan MCK
·         Lantai 2                                : - Ruang Shalat
                                               - TPA

·         Jumlah Menara                     : 4 buah

0 komentar:

Posting Komentar